Dari e-Katalog, Koordinasi Dinas sampai Refocusing Jadi Masalah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

TARAKAN – Rapat Koordinasi Pengendalian Pembangunan (RAKORDAL) II Tahun Anggaran 2021 dilaksanakan di Gedung Serbaguna Kantor Walikota Tarakan. Rapat koordinasi pengendalian pembangunan menghadirkan sejumlah jajaran pemerintahan Kota Tarakan yang rutin dilaksanakan dalam tiga bulan sekali.

Walikota Tarakan dr. Khairul M.kes Memaparkan rapat koordinasi untuk mengevaluasi kegiatan yang dilaksanakan dengan efektif, baik secara fisik maupun non fisik yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

“Rapat koordinasi hari ini untuk mengetahui sudah sampai dimana prosesnya, termasuk juga menelisik apabila terdapat kendala-kendala yang terjadi. Sehingga menghasilkan solusi-solusi yang kita diskusikan bersama karena semua dinas kan hadir,” ungkapnya.

Khairul menuturkan, dalam rapat evaluasi triwulan II dijelaskan tidak terdapat banyak masalah. Namun yang pada umumnya dihadapi permasalahan seperti e-katalog yang dimana juga terjadi hampir di seluruh Indonesia. “Karena selama ini anjuran kita ya menggunakan e-Katalog kan. Sementara dikejar waktu dan waktunya juga sudah telat belum lagi kontrak anggaran,” jelasnya.

Meski demikian, kata Khairul, untuk mencari solusi dari permasalahan e-katalog tentu bisa dicari melalui survei harga dan lelang harga yang dibawah e-Katalog.  Selain itu, permasalahan lain yang sering muncul terkait koordinasi antara dua instansi atau dinas. Bukan hanya masalah yang timbul dari daerah, juga melainkan kebijakan dari pusat.

“Ya diselesaikan bagaimana biar cepat,” ujarnya. “Masalah lainnya yaitu refocusing anggaran dimana terdapat kebijakan pusat yang kemudian memperlambat proses pembangunan. Tapi saya kira kan ini sudah jalan semua, mudah-mudahan bisa sesuai dengan targetnya,” tambahnya. (*/abi)

Share.

About Author

Leave A Reply