Debat Kandidat Pilgub Kaltara, Ini Kata KPU Soal Panelis dan Moderator

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

TARAKAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kaltara telah menyiapkan debat publik untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara, tahun 2020. Anggota Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi masyarakat dan SDM, Hariyadi Hamid mengatakan dalam hasil rapat pleno, telah memperisiapkan secara teknis untuk memasuki debat publik pada 24 Oktober 2020 mendatang.

Dalam persiapannya itu, KPU telah menentukan susunan moderator panelis pada debat pertama. “Kita sudah kordinasi dengan moderator dan panelis nanti, tinggal tunggu konfirmasinya,” ungkapnya kepada facesia.com, Jumat (16/10/2020).

Baca juga : Dewas KPK Tidak Tahu Ada Usulan Pengadaan Mobil Dinas

Baca juga : Polrestro Jaksel Temukan Indikasi Pelajar Dimanfaatkan Ikut Demo

Kemudian, KPU Provinsi juga telah melakukan proses tracking untuk persiapan. Dalam pemilihan moderator maupun panelis, dipilih dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU).

“Harus benar-benar independen. Tidak berpihak, dan kreatibilitasnya sudah diakui. Itu menjadi salah satu syarat utamanya,” bebernya.

Baca juga : Kasus COVID-19 Italia Melonjak ke Rekor Harian Baru Mendekati 9.000

Selain itu, moderator dan panelis, disampaikan Hamid, mempunyai ketentuan dan syarat lain diantaranya dari kalangan akademisi, pegiat, mantan penyelenggara pemilu, dan mempunyai jiwa profesional. Sehingga dalam pelaksanaan debat nanti akan berjalan sesuai aturan yang berlaku.

“Jadi perekrutan kebanyakan berdasarkan dari tokoh lokal. Walaupun ada juga beberapa tokoh nasional, tapi tetap kebanyakan dari lokal yang sudah dipercaya atau diakui,” tutupnya. (*/jef)


Share.

About Author

Leave A Reply