Lakukan Rukyatul Hilal di Taman Berlabuh

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

TARAKAN – Dalam rangka menentukan 1 Ramadan 1442 H, Kementerian Agama Kalimantan Utara menggelar Rukyatul Hilal di Taman Berlabuh Kota Tarakan, Senin (12/4/2021).

Kabag Tata Usaha Kanwil Kemenag Kaltara, H Sofyan S.Ag., MM menuturkan, Rukyatul hilal sebagai bentuk ikhtiar atau ibadah dalam mengetahui penentuan awal Ramadan dan Syawal. “Untuk tahun ini kita lakukan di Tarakan tepatnya di Taman Berlabuh ini,” kata Sofyan.

Selain melihat hilal, Sofyan juga menuturkan bahwa kementerian agama juga sedang melakukan sidang isbat dengan data-data dan informasinya dari seluruh Indonesia.

“Nanti kami juga akan menginformasikan apakah melihat hilal atau tidak, ataupun itu karena faktor alam sehingga tidak terlihat di wilayah ini,” jelasnya.

Meskipun hilal tidak terlihat di wilayah ini, akan tetapi kementerian agama pusat juga sedang melakukan sidang isbat yang melibatkan semua daerah. Jika ada satu daerah saja yang melihat maka itu dapat menjadi pertimbangan.

“Untuk menentukan 1 Ramadan itu dapat dilakukan dengan dua cara yaitu hisab dan rukyat. Dari beberapa pengalaman kita belum pernah melihat di sini. Namun di beberapa daerah terlihat,” ujar Sofyan. (*)

 

Share.

About Author

Leave A Reply