Pendaki Gunung Andong asal Pinrang Meninggal Dunia 

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

SOLO – Satu orang pendaki asal Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan meninggal dunia, Minggu (11/4/2021). Dari informasi Anggota Base Camp Sawit, Desa Girirejo Kec. Ngablak, Sutikno Aji melaporkan, Pendaki Meninggal atasnama Ilham, Alamat Cempaka Pasar RT 001/RW 001 Kec. Cempaka kab. Pinrang Sulawesi Selatan. Saat ini almarhum berada di Colomadu Karanganyar, Solo. 

Dari identitas korban, tercatat sebagai siswa LPK Hinoyama Indonesia Colomadu Karanganyar Solo. Laporan kejadian meninggalnya Ilham di Gunung Andong di wilayah Hutan RPH Pagergunung BKPH Ambarawa. Dari laporan yang ada, diketahui kronologis meninggalnya Ilham. Ilham memiliki riwayat penyakit Asma. Sabtu (10/4/2021), pukul 09.00, almarhum bersama 1 orang temanya atasnama Nursalim melakukan registrasi di base camp sawit.

“Kemudian almarhum dan temannya pukul 11.30 sampe dijalur pendakian, melanjutkan naik ke puncak. Diperjalanan almarhum terlihat kelelahan, namun diajak turun oleh temannya tidak mau. Tetap ingin melanjutkan sampai kepuncak, pukul 17.30 alm sampai di puncak muntah muntah,” jelas dalam laporan tersebut.

Kemudian oleh temannya diistirahatkan dan ditidurkan di tenda. Pukul 23.00 kemudian meminta batuan. Selanjutnya, almarhum bangun muntah lagi dan kondisi semakin memburuk. Adapun upaya pertolongan darurat yang dilakukan sambil menunggu bantuan dari base camp.

“Diberi minum air teh hangat, digosok minyak kayu putih keseluruhan tubuh, diberi bantuan oksigen botol dan dipijit pijit keseluruh badan,” ungkapnya.

Pukul 01.00 dini hari, batuan dari base camp sawit sampai di puncak. Kemudian langsung dibawa turun sampai di lokasi base camp, selanjutnya dilarikan ke RSUD Salatiga. Pukul 02.40 tiba di RSUD Salatiga, Almarhum Ilham sudah meninggal dunia.

“Diiperkirakan almarhum meninggal dalam perjalanan. Dari LPK sudah berkoordinasi dengan pihak keluarga almarhum, jenazah langsung diterbangkan ke alamat Desa Cempaka Pasar Kab. Pinrang Sulawesi Selatan,” tutupnya. (*)

Share.

About Author

Leave A Reply