Pengusaha Kuliner Merugi Akibat Pandemi Covid-19

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

TARAKAN – Bukan hanya pengusaha yang berskala besar terdampak pandemi Covid-19. Pengusaha di bidang kuliner juga mengalami kerugian yang cukup besar. Bahkan kerugiannya diperkirakan mencapai 25 persen. 

CV Aneka Rasa, yang bergerak di bidang produksi hasil olahan 12 jenis makanan bertempat di Kota Tarakan cukup merasakan imbas pandemi Covid-19. Nurkan, Pengusaha yang memiliki 12 Karyawan ini mengatakan, dampak Covid-19 ini berimbas pada  laba usahanya yang mengalami penurunan meski tidak signifikan.

“Usaha menurun tidak terlalu signifikan,” ungkapnya.

Nurkan menjelaskan, dampak pendemi selama 2 tahun terakhir membuat pendapatan usahanya menurun 20 hingga 25 persen. Nurkan menilai, penerapan protokol kesehatan (Prokes) masih kurang tegas. 

Baca juga : Rapat Koordinasi PPKM Tarakan, Begini Penyampaian Forkopimda

“Kelihatannya justru cenderung tidak tegas,” ungkapnya.  

Dia berharap, bila menerapkan PPKM level IV dengan melihat kondisi saat ini akan membuat dampak yang lebih buruk. “Semisal terdapat warung makan dibuka, harapannya jangan sampai ada masyarakat makan di tempat. cukup membeli kemudian makan di rumah,” ujarnya.

Nurkan turut mengimbau, agar masyarakat agar lebih mengutamakan prokes ketika memiliki urusan di luar rumah. “Berharap agar masyarakat apabila tidak terlalu penting diharapkan tetap berada di rumah saja,” jelasnya. (abi)

Share.

About Author

Leave A Reply