Wow! Ada Lebih dari 1 Miliar iPhone Aktif di Seluruh Dunia

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

JAKARTA – Pengguna iPhone terus meningkat. CEO Apple Tim Cook dalam sebuah sesi wawancara dengan Reuters mengungkap ada lebih dari 1 miliar iPhone yang aktif saat ini di seluruh dunia.
Angka tersebut naik dari 900 juta perangkat yang aktif yang sempat diungkap pada 2019. Cook pun menyebutkan kalau Apple sekarang memiliki perangkat yang aktif sebanyak 1,65 miliar, meningkat lebih dari 1,5 miliar pada tahun sebelumnya.

Kendati pandemi penjualan iPhone di China mengalami peningkatan yang cukup kuat hingga 57%, dari sebelumnya USD 13,58 miliar menjadi USD 21,31 miliar. “Kami memiliki dua dari tiga smartphone terlaris di perkotaan China,” kata Cook.

Peningkatan penjualan iPhone di China didorong oleh banyaknya pengguna Android yang hijrah ke iOS, serta pengguna yang melakukan upgrade ke perangkat lebih baru.

Kendati kehadiran iPhone 12 series terlambat, ponsel ini menuai respon positif dari pasar. Dalam laporan fiskal kuartal pertama tahun fiskal 2021 yang baru saja dirilis, Apple mencatat pendapatan sebesar USD 65,6 miliar dari penjualan iPhone terbaru, melampaui perkiraan analis sebesar USD 60,33 miliar.

Angka tersebut mengalahkan rekor tertinggi sebelumnya sebesar USD 61,58 miliar dalam penjualan iPhone di kuartal pertama tahun fiskal 2018.

Dalam conference call di hadapan investor, Cook mengatakan iPhone 12 Pro baru dan iPhone 12 Pro Max menjadi model terlaris pada kuartal terakhir. Disebutkannya pula jumlah pengguna yang melakukan upgrade ke versi terbaru lebih tinggi dibanding kuartal sebelumnya.

Pun begitu Apple harus menghadapi kendala pasokan dalam memproduksi model Pro. Namun masalah tersebut diharapkan dapat diselesaikan selama kuartal Maret.

Penjualan iPhone sendiri memberikan kontribusi 59 persen dari total pemasukan Apple sepanjang kuartal pertama tahun fiskal 2021 yang berakhir pada 26 Desember lalu. Total pemasukan yang didapat USD 111,4 miliar dan laba bersih USD 28,4 miliar.

Pendapatan diraih pada periode tersebut naik 21 persen tahun ke tahun. Sebanyak 64 persen dari total penjualan berasal dari luar Amerika Serikat.

“Kuartal ini untuk Apple tidak akan mungkin terjadi tanpa kerja tak kenal lelah dan inovatif dari setiap anggota tim Apple di seluruh dunia. Kami bersyukur atas respons pelanggan yang antusias terhadap lini produk mutakhir yang tak tertandingi,” ujar Cook. (int/sha)

Share.

About Author

Leave A Reply