Aplikasi yang Kemahalan Bakal Ditolak dari Apple App Store

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

JAKARTA – Meski produknya identik dengan harga yang mahal, Apple ternyata melarang para developer untuk mematok harga yang terlalu tinggi untuk aplikasi yang dipasarkan lewat App Store.
Pelarangan ini berlaku untuk harga yang terlalu tinggi dalam pembelian di dalam aplikasi yang dipasarkan di App Store. Jadi Apple tak sekadar menerapkan standar ketat untuk kualitas aplikasi yang ada di App Store, mereka pun punya pedoman harga untuk transaksi pembelian dalam aplikasinya.

Padahal, Apple pun sebenarnya bisa mendapat pemasukan lebih besar untuk pembelian dengan nominal yang lebih besar. Pasalnya mereka mengenakan ‘pajak’ untuk setiap transaksi yang terjadi di App Store, yaitu potongan sampai dengan 30% untuk transaksi tersebut.

Jadi penolakan terhadap aplikasi tersebut tak sekadar terjadi untuk aplikasi yang tak stabil atau bermasalah. Aplikasi yang menerapkan harga terlalu tinggi juga akan ditolak, dan developernya dikirimi email oleh Apple.

Hal ini terungkap dari email yang diterima oleh 9to5Mac, yang memperlihatkan keseriusan Apple dalam memberikan kenyamanan dan keamanan untuk para penggunanya.

“Konsumen berharap App Store adalah marketplace untuk membeli barang digital yang aman dan bisa dipercaya. Aplikasi seharusnya tidak boleh mengkhianati kepercayaan ini dengan mencoba menipu pengguna dengan cara apapun,” tulis Apple.

“Sayangnya, harga yang anda pilih untuk aplikasi ataupun produk pembelian di dalam aplikasi ini tidak merefleksikan nilai dari fitur dan konten yang ditawarkan untuk pengguna. Mematok harga tinggi yang tak rasional untuk konten ataupun layanan dengan nilai terbatas adalah penipuan terhadap konsumen dan tidak boleh terjadi di App Store,” tambah mereka dalam email tersebut.

Meski begitu, developer tetap bisa ‘naik banding’ dengan menjelaskan alasan mereka dalam mematok harga yang tinggi itu. Jika berhasil, maka aplikasi mereka pun akan bisa lolos, dan masuk ke dalam App Store.(int/sha)

Share.

About Author

Leave A Reply