Hanya 2 Tahun 1 Bulan, Target 10 Ribu SR Tercapai

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

 

TARAKAN – Target Pemerintah Kota Tarakan untuk menyediakan akses layanan air bersih sebanyak 10.000 sambungan rumah baru gratis bagi masyarakat berpenghasilan rendah sebagaimana visi misi dan program unggulan Wali Kota Tarakan resmi tercapai.

Pemasangan ke 10 ribu ini secara simbolis dilakukan pada Kamis (15/4/2021) di rumah warga yang terletak di Jalan Cahaya Baru Kelurahan Karang Harapan pada Kamis (15/4). Pemasangan ini jauh lebih cepat dari target Pemerintah Kota Tarakan. “Sebelumnya, Pemerintah Kota Tarakan menargetkan 10 ribu sambungan rumah baru ini dapat dicapai pada tahun 2024. Namun, dalam 2 tahun 1 bulan, semua target tersebut dapat dicapai,” kata dr Khairul, Wali Kota Tarakan.

Dikatakan Khairul, pencapaian ini merupakan hasil kerja keras dari berbagai pihak. Terutama dari PDAM Tirta Alam Tarakan yang telah bekerja keras sehingga target 10 ribu sambungan rumah gratis dapat dicapai.

Program ini disusun dengan menyikapi keluhan masyarakat berpendapatan rendah yang tidak mampu untuk memasang sambungan PDAM yang membutuhkan biaya kisaran Rp 3 juta per sambungan. Program ini juga merupakan bagian dari upaya Pemkot menyediakan layanan air bersih dengan kualitas yang terkontrol.

“Pada saat penyusunan program ini, Pemkot menghitung estimasi biaya lebih dari Rp 25 miliar untuk pemasangan. Namun, pada perjalanannya, pemasangan ini selain menggunakan dana APBD juga didukung oleh Pemerintah Pusat melalui APBN sehingga sangat meringankan beban APBD Kota Tarakan,”ujar Khairul.

Dalam catatan saya, lanjut Khairul, hanya Kelurahan Pantai Amal yang belum tersentuh program ini karena belum ada pipa induk. “Insya Allah pipa induk akan dipasang tahun ini, dan mudah-mudahan tahun depan program ini akan menyentuh wilayah Amal, Tanjung Batu dan Tanjung Pasir,”harapnya.

Untuk menjamin ketersediaan air baku, pada tahun ini di bangun IPA Sungai Bengawan dengan kapasitas 60 liter per detik dan IPA Binalatung dgn kapasitas 30 liter, juga long storage Sungai Persemaian dan Sei Semunthi. Hingga saat ini total sambungan rumah (SR) Tarakan sebanyak 37.778 SR. (Adv)

Share.

About Author

Leave A Reply