Pembangunan Asrama Haji Transit dan MAN-IC Resmi Dimulai

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

TARAKAN – Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas secara simbolis menandatangani prasasti untuk pembangunan Asrama Haji Transit dan Madrasah Alyah Negeri Insan Cendekia (MAN-IC) di Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara, pada Sabtu (17/4) di Hotel Lotus Panaya.

Penandatanganan ini disaksikan langsung oleh Wali Kota Tarakan, dr. H. Khairul., M.Kes., bersama dengan Sekretaris Daerah Provinsi Kaltara dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama RI Provinsi Kaltara. Dijelaskan Khairul, asrama haji transit yang dimulai pembangunannya ini akan berdiri diatas lahan seluas 1,5 hektar dengan komposisi bangunan 3 lantai.

“Lahan ini merupakan hibah dari Pemerintah Kota Tarakan yang berlokasi di Belakang Masjid Baitul Izzah Islamic Center Kampung Empat,” jelasnya.

Nantinya, lanjut Khairul, asrama ini direncanakan akan menampung 500 orang calon jemaah haji yang akan diberangkatkan dari wilayah Kaltara. Hal ini dimaksudkan agar para calon jemaah haji tidak perlu lagi untuk singgah di Balikpapan.
Sementara itu, untuk pembangunan MAN-IC di Kaltara sendiri merupakan MAN-IC ke-25 dari 34 Provinsi di Indonesia. MAN-IC rencananya akan dibangun di Kecamatan Tarakan Utara.

“Sekolah ini digadang-gadang akan menjadi madrasah berasrama unggulan di Kaltara. Sama halnya dengan Asrama Haji Transit. Pemerintah Kota Tarakan menyiapkan lahan untuk pembangunan sekolah unggulan ini dengan harapan untuk mendukung pembentukan manusia yang unggul dan berdaya saing demi terwujudnya Tarakan maju dan sejahtera melalui smart city,” kata Khairul.

Selain kedua agenda tersebut, Menag juga memiliki kegiatan lain. Yakni menghadiri konferensi Wilayah GP Ansor. (*)

Share.

About Author

Leave A Reply